Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses

Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses


Memulai Bisnis Dari Nol Hingga Sukses

Menjadi pebisnis merupakan suatu langkah atau usaha yang diinginkan oleh banyak orang. Tak sedikit orang rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk memulai suatu bisnis. Untuk menjadi pebisnis sukses, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kita mengambil langkah untuk memulai suatu bisnis.

Belajar dari orang lain menjadi hal penting dalam memulai bisnis. Ini menjadi langkah awal bagi kita untuk memahami betul permasalahan yang dihadapi oleh para pebisnis. Dengan mempelajari langkah – langkah tersebut, kita akan merasa terbantu dalam menjalankan bisnis. Ada banyak contoh orang yang telah sukses dalam mengembangkan bisnis.

Hal penting lainnya sebelum mengambil langkah untuk memulai bisnis yaitu, menentukan tujuan kita sebenarnya. Apa yang akan kita lakukan dalam berbisnis? Bisnis apa yang akan kita jalankan? Bagaimana arah tujuan bisnis kita, sehingga bisa berjalan dengan baik dan bisa dirasakan oleh masyarakat umum?

Setelah mengambil pelajaran dari para tokoh sukses dan menentukan arah tujuan untuk berbisnis, selanjutnya adalah menentukan bisnis apa yang akan kita jalankan. Banyak sekali peluang bisnis yang ada di sekitar kita, tinggal bagaimana kita memahami kemampuan atau keinginan kita untuk memulai bisnis tersebut.

Salah satu contoh bisnis yang terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang yaitu, berjualan pulsa elektrik. Bisnis ini banyak sekali berkembang di kalangan pelajar dan mahasiswa. Karena dengan modal seadanya, kita mampu menghasilkan uang dengan berjualan pulsa.

Contoh yang lain adalah dengan berjualan barang – barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Seperti, berjualan buku, pakaian, makanan, sepatu dan lain sebagainya. Meskipun modal yang dibutuhkan lebih besar dari berjualan listrik, keuntungan yang didapat pun menjadi lebih banyak. Tergantung bagaimana kita mengelola dan mengatur jalanya bisnis kita.

Berbisnis tidak perlu menunggu waktu usia dewasa. Mulai dari anak – anak, pelajar hingga mahasiswa pun sangat dianjurkan untuk memulai bisnis. Supaya kelak ketika dewasa, sudah memahami bagaimana proses menjalankan bisnis dengan baik dan mampu menata bisnis supaya lebih terstruktur dan terencana.

Pun halnya dengan orang dewasa. Tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu bisnis. Seperti Colonel Harland David Sanders misalnya. Beliau merupakan pendiri KFC yang memulai bisnisnya pada usia 66 tahun. Sempat bekerja di beberapa perusahaan, akhirnya di usianya yang sudah lanjut, Colonel Sanders memilih untuk melanjutkan usahanya sebagai pebisnis.
Memulai bisnis dari nol memang tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan mental yang kuat untuk berani dalam memulai bisnis tersebut. Ada beberapa kendala bagi banyak orang untuk memulai bisnis, diantaranya adalah modal.

Sebagian orang menganggap bahwa jika ingin memulai bisnis besar harus mempunyai modal yang besar pula. Namun, hal itu tidak selamanya benar. Chairul Tanjung telah membuktinkanya, beliau merupakan seorang pengusaha sukses di Indonesia yang memulai bisnisnya dengan modal kecil. 

Chairul Tanjung yang dikenal sebagai “Si Anak Singkong” ini mulai menjalankan bisnisnya ketika beliau menjadi mahasiswa. Dengan memulai bisnis dengan modal seadanya, beliau mampu membangun berbagai macam bisnis hingga sebesar sekarang, salah satunya adalah PT Trans Corporation.

Selain membutuhkan modal berupa finansial, seorang pebisnis juga harus memiliki modal lain. Modal tersebut adalah mental.

Seorang pengusaha sukses sangat diwajibkan untuk memiliki mental pebisnis yang kuat. Jangan pernah menyerah untuk memulai sesuatu dan jangan pernah ragu untuk memiliki tujuan yang besar. Karena setiap kita memiliki tujuan yang besar, pasti akan melewati tantangan yang besar pula. Tidak sedikit orang menghentikan niatnya menjadi seorang pebisnis karena gagal dalam beberapa hal.

Jika melihat orang – orang sukses dalam berbisnis. Banyak sekali atatu bisa dikatakan, semuanya pernah merasakan kegagalan. Banyak diantara mereka pernah mengalami kerugian dalam jumlah besar demi membangun sebuah bisnis besar. Namun, kegagalan yang sesungguhnya adalah, ketika kita berhenti untuk tidak lagi melanjutkan pekerjaan itu.

Tekad kuat juga harus dimiliki oleh setiap pebisnis, terutama bagi mereka yang baru memulai bisnisnya. Hal ini akan mempengaruhi jalanya bisnis yang akan kita buat, apakah kita akan mampu untuk menghadapi semua rintangan di depan mata atau tidak. Semoga sukses!
Baca Juga
SHARE
Crezer
Menulis tanpa batas dengan berbagai inspirasi konten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar