Masa Kecil Bill Gates

Masa Kecil Bill Gates


Masa Kecil Bill Gates

Siapa tak kenal Bill Gates? Ya, dia adalah orang terkaya didunia dengan kekayaan sebesar US$ 86 triliun atau setara dengan Rp. 1.161 triliun. Bill Gates mendapat predikat orang terkaya di dunia versi Forbes. Pendiri Microsoft ini memegang kekuasaan menjadi orang paling kaya didunia selama 4 tahun berturut – turut.

Tapi, siapa yang tau masa kecil Bill Gates?

William Henry Bill Gates merupakan nama lengkap Bill Gates. Beliau dilahirkan di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 28 Oktober 1955. Bill Gates lahir dalam keluarga yang berkecukupan.

Ayahnya, William Henry Gates, adalah seorang pengacara dari perusahaan ternama. Sedangkan ibunya, Mary Maxwell Gates, merupakan Dewan Direksi First Interstate Banc System,  Pacific Northwest. Mary Maxwell juga anggota tingkat nasional United Way, dan memiliki pengaruh dalam International Business Machines (IBM).

Sejak kecil, Bill Gates memiliki rasa bersaing tinggi, cerdas, dan penuh semangat. Di sekolah swasta ia selalu ingin menjadi nomor satu di sekolahnya.

Keluarga Bill Gates memiliki beberapa koleksi ensiklopedia. Bill Gates kecil mulai membacanya sejak ia berusia 8 tahun. Pengalaman ini mungkin menjadi cikal bakal lahirnya Ecarta Ensiklopedia dalam bentuk CD pertama di dunia yang diciptakan oleh Microsoft.

Bill Gates dikenal sangat rajin. Sejak berusia 10 tahun ia rajin belajar dan senang membaca buku ensiklopedia dan biografi orang – orang terkenal, bahkan ia tamat membaca ‘World Book Encylopedia’ dari seri awal hingga akhir. Hingga usia 11 tahun, Gates aktif bertanya pada orang tuanya seputar topik bisnis sampai pariwisata dunia.

Ia sangat senang membaca berbagai macam buku, termasuk buku – buku komputer. Bill Gates sendiri menyatakan bahwa kesuksesannya saat ini berkat perpustakaan umum yang ada di daerahnya. Akan tetapi ibunya khawatir karena anaknya terlalu sibuk dengan buku – bukunya daripada bersosialisasi dengan orang lain.

Setelah berpindah ke Lakeside School, Bill Gates menunjukkan kemampuan luar biasa. Ia dikenal sebagai siswa yang cerdas. Ilmu eksak seperti matematika, dapat ditaklukan Bill Gates dengan mudah. Ia juga menunjukkan hasil yang memuaskan dalam bidang kesenian seperti drama, dan penguasaan bahasa.


Pada tahun 1968, Bill Gates kecil mulai berkenalan dengan dunia komputer. Lakeside School juga menyediakan pembelajaran komputer bagi para siswanya. Pada saat itu, komputer masih berbentuk mesin teletype. Untuk penggunaanya harus disambungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Bill Gates menunjukkan kecerdasanya mencakup berbagai hal. Bahkan ia menjadi siswa yang paling menonjol di antara para siswa cerdas di sekolah itu. Ketertarikan Bill Gates pun bergeser dari ilmu matematika menjadi ilmu komputer.

Saat Bill Gates duduk di kelas 8, sebuah klub di sekolahnya yang bernama Mothers Club mengadakan penjualan agar bisa membeli Teletype Model 33 ASR serta terminal blok untuk komputer dari General Electric atau GE. Melalui sistem tersebut Bill Gates mulai tertarik dengan pemrograman. Bahkan ia sering beralasan ingin menjelajahi BASIC agar tidak masuk kelas.

Karena rasa keingintahuan yang tinggi, Bill Gates mampu menguasai sebuah bahasa pemrograman komputer, BASIC. Kemahiran Bill Gates dalam memahami komputer ini terhitung cepat. Karena pada saat itu Bill Gates adalah seorang anak yang masih berusia 13 tahun. Bill Gates semakin mencintai dunia komputer karena lingkungan di Lakeside sangat membantunya berkumpul dengan para peretas muda yang belajar mandiri.

Saat ia masih bersekolah di Lakeside School, jiwa kepemimpinanya mulai muncul. Ia dan beberapa temanya bergabung dan membentuk The Lakeside Programmers Group. Grup ini sebagai sarana untuk berkumpul, belajar dan bahkan menjadi wadah untuk menyalurkan jiwa pebisnis muda mereka.

The Lakeside Programmers Group juga menjadi media untuk mendapat keuntungan melalui keahlian mereka dalam pemrograman komputer. Seringkali Bill Gates menunjukan bahwa dirinya ingin menjadi orang yang tak tersaingi. Ia juga yang sering menyerukan ide – ide baru. Seperti ide menjual sesuatu pada dunia. Ide yang sangat besar untuk anak yang masih berusia 13 tahun.

Kinerja luar biasa dari The Lakeside Programmers Group ada berkat Bill Gates dan sahabat dekatnya, Paul Allen. Allen adalah senior Bill Gates yang terpaut usia 2 tahun. Mereka kerap kali menghabiskan waktu luang untuk mempelajari bahasa pemrograman. Selain mereka, ada dua pemrogram lain yang sangat baik dalam bidan perkomputeran. Mereka adalah Kent Evans dan Richrard Weiland.

Orang tua Bill Gates sempat khawatir karena hobi anaknya yang mempelajari komputer menyita waktu untuk belajar. Bahkan Bill Gates dan teman – teman satu grupnya kerap kali pulang ke rumah menjelang shubuh. Akhirnya mereka pun meminta Bill Gates untuk menghentikan aktivitasnya.

Pada masa – masa inilah Bill Gates menggunakan waktunya untuk membaca berbagai macam biografi tokoh – tokoh terkenal. Dengan ini, Bill Gates tahu bagaimana mereka dapat dikenal diseluruh dunia. Selain itu ia juga membaca beragam buku bisnis, sains, hingga novel menjadi salah satu keseharian Bill Gates.

Baca Juga
SHARE
Crezer
Menulis tanpa batas dengan berbagai inspirasi konten
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar